Jumat, 09 Januari 2009

Airsoft Gun


Hobi yang satu ini mulai menjamur hampir di seluruh nusantara. Permainan dengan replika senapan militer berbagai jenis ini cukup menarik perhatian terutama di kalangan pria.

Bagi yang belum familiar dengan airsoft gun, tidak ada salahnya mencoba menengok sedikit informasi tentang hobi yang menarik bagi sebagian orang ini.

Airsoft gun atau air hobby gun adalah mainan replika senjata api yang dibuat sangat mirip dengan aslinya. Mainan ini menggunakan peluru berupa pelet plastik kaliber 6mm.

Permainan ini dikembangkan di Jepang sejak 1970 untuk mengakomodasi kebutuhan para penggemarnya karena adanya peraturan tidak boleh memiliki senjata api di kalangan sipil.

Jenis replika senjata ini banyak sekali, dari handgun, assault riffle, bahkan hingga senjata mesin berat dan granat. Semua replika tersebut tetap menggunakan peluru pelet plastik 6mm.

Sumber tenaga airsoft ini menggunakan angin yang bisa diperoleh dari baterai (AEG), gas, ataupun kokang (spring action). Konsep dasarnya adalah memberikan dorongan kepada peluru dengan tenaga angin agar peluru tersebut melesat mencapai sasaran.

Beberapa kalangan masih memperdebatkan tentang legalitas dari hobby ini, mengingat bahwa senjata ini merupakan replika dari senjata api. Di beberapa negara, sudah memiliki peraturan yang lebih jelas tentang eksistensi dari hobi ini. Peraturan yang diberlakukan bisa berupa larangan total, kebutuhan ijin khusus pemilik airsoft, penambahan identifikasi khusus pada senapan (untuk membedakan dengan senjata api asli), dan batas kekuatan lontaran peluru (diukur dengan joule).

Untuk memainkannya, airsoft gun tidak hanya membutuhkan peluru dan senapan, tapi juga membutuhkan gear tambahan untuk menjaga keselamatan pemain. Gear tersebut meliputi pakaian, jaket (atau vest), mask, gogle, dll. Peralatan ini selain melindungi, bisa juga dijadikan untuk identifikasi anggota tim yang sama saat bermain.

Dalam menggeluti hobi ini, banyak yang bisa kita peroleh. Yang pertama adalah kesenangan tersendiri bagi kita yang suka koleksi senjata. Yang kedua, mengembangkan relasi dalam komunitas. Selain itu, kita bisa belajar bertanggung jawab dan sportif, sebab senjata ini secara etik tidak boleh digunakan untuk menyakiti binatang atau pun orang lain diluar tujuan permainan.

Jadi, airsoft gun ini adalah seperti hobi yang lainnya, memiliki unsur fun tapi juga memiliki risiko. Tapi jika kita hanya memandang risikonya saja, hampir setiap hobi memiliki resiko seperti koleksi senjata tajam, bela diri, dll. Yang penting dari menggeluti hobiini adalah kemampuan kita untuk bertanggung jawab atas segala tindakan yang kita lakukan, termasuk dalam menggunakan airsoft gun.

Semoga hobi ini tetap bisa bertahan dan berkembang sebagai alternatif bagi orang yang tidak mampu (mahal) memperoleh ijin kepemilikan senjata api legal, tapi tetap bisa menyalurkan minatnya dalam senjata dan kemiliteran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar